Wednesday 8 November 2017

Banyaknya anggota himpunan kuasa forex


Q: Tentukan banyaknya cara agar sekelompok tujuh oran g dapat mengatur diri mereka dalam suatu barisan yang terdiri dari tujuh kursi. A: Tujuh orang dapat menyusun diri mera dalam suatu barisan 7654321 7 P: Jika mereka duduk mengelilingi sebuah meja melingkar. A: Saturn orang dapat duduk de suatu tempat pada meja melingkar. Enam lainnya, kemudian, dapat, mengatur, mereka, dalam 654321 Cara mengelilingi meja. Contoh PERMUTASI 2: Q: Sebuah kotak memuat 10 buah bola lampu. Tentukan banyaknyan amostra dari: (a) ukuran 3 dengan pengembaliano dan (b) ukuran 3 tanpa pengembalian. A: (a) n 10 3 101010 1000 dan (b) nP (10,3) 1098 720 P: Tentukan banyaknya n susunan kartu dalam permainan 5 kartu tersusun jika kartu tertutupênia adalah sebuah As. A: Ada 4 pilihan untuk kartu tertutup, kemudiano 51, 50, 49, 48 pilihan untuk 4 kartu lainnya. Sehingga n 451504948 311875200 Contoh PERMUTASI 3: P: Sebuah team debat terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan Tentukan banyaknya n face agar merka bisa duduk dalam satu baris. A: Karena ada 5 orang, maka n 54321 360 P: Sebuah equipe debat terdiri dari 3 laki-laki dan 2 perempuan Tentukan banyaknya n cara agar merka bisa duduk dalam satu baris, jika. (A) laki-laki dan perempuan masing-masing duduk bersama dan (b) hanya perempuan duduk bersama. A: (a) LLLPP atau PPLLL, sehingga n 23226224 (b) PPLLL, LPPLL, LLPPL, LLLPP, shg 43248 Contoh PERMUTASI 4: Q: Tentukan n banyaknya kata-kata berhuruf empat e dapat dibentuk dari kata NUMERICAL A: Karena ada 9 huruf, maka n (9,4) 9876 3024 Q: Tentukan n banyaknya kata-kata berhuruf empat yg dapat dibentuk dari kata NUMERICAL, jika kata-katanya berawalan dan berakhiran sebuah huruf konsonan. A: Ada 5 huruf konsonan. Sehingga ada 5 pilihan utk hurlu pertama, 4 pilihan utk hurf terakhir kemudian 7 dan 6 pilihan utk hurts kedua dan ketiga. Sehingga n5764840 Contoh PERMUTASI 5: Q: Tentukan n banyaknya kata-kata berhuruf empat yg dapat dibentuk dari kata NUMÉRICO, jika kata-katanya aréo memuat huruf R. A: Ada 4 tempat utk meletakkan huruf R dalam kata. Tiga tempat yg lain dapat dipilih dalam 8,7,6 cara. Sehingga n 48761344 Q: Tentukan n banyaknya kata-kata berhuruf empat yg dapat dibentuk dari kata NUMÉRICO, jika kata-katanya harus memuat huru M dan berakhir dengan sebuah huru vokal A: Ada 5 huruf vokal. Sehingga ada 4 pilihan utk huruf terakhir. Ada 3 tempat utk meletakkan huru M dalam kata. Dua tempat lainnya dapat dipilih dalam 7 dan 6 cara. Sehingga n4376504 Contoh PERMUTASI 6: Q: Tentukan n jika P (n, 2) 72 A: P (n, 2) n (8211 1) n 2 8211 n 72 atau n 2 - n - 720, (n-9) (N8) 0, sehingga n 9 Q: Tentukan n jika 2P (n, 2) 50 P (2n, 2) A: P (n, 2) n ) 2n (2n-1) 4n 2 8211 2n. Jadi 2 (n 2 - n) 50 4n 2 8211 2n atau 2n 2 8211 2n 50 4n 2 8211 2n atau 50 2n 2 atau n 2 25, karena n harus positip maka jawaban yang mungkin adala n5 Defini io PERMUTASI dgn PENGULANGAN: Banyaknya permutasi dari N objek dari n 1 yang sama, n 2 yang sama, 8230, nr yang sama adalah. Contoh PERMUTASI dgn Pengulangan 1: Q: Tentukan banyaknya m kata-kata tujuh huruf yang dapat dibutuk dari hurta-huruf dalam kata 8220BENZENE8221. A: Kita mencari banyaknya permutasi dari tujuh objek yag 3 huru adalah sama (E-nya) dan 2 huru adalah sama (N-nya), maka m 7/32 7654321/32121 420 P: Tentukan banyaknya Permutasi berbeda yang dapat dibentuk dari semua Huruf dlm masing-masing kata (a) THEM dan (b) QUE A: (a) 4 24, karena ada 4 hurf dan tanpa pengulangan. (B) 4/2 12. karena ada 4 huru yang dua hurufnya adala T Contoh PERMUTASI dgn Pengulangan 2: Q: Tentukan banyaknya permutasi yang berbeda yg dapat dibentuk dari semua huru dalam masing masing kata: (a) RADAR dan (b) INCOMUM. A: (a) 5/22 30, karena ada 5 huruf yg dua R-nya dan dua A-nya yang sama. (B) 7/3 840, karena ada 7 hurf yang tiga U-nya sama. Q: Tentukan banyaknya m Permutasi yang dapat dibentuk dari semua huru dalam kata MISSISSIPPI. A: Terdapat 11 huruf yang empat I-nya sama, empat S-nya sama dan dua P-nya sama. Jadi m 11/442 34650 Contoh PERMUTASI dgn Pengulangan 3: Q: Tentukan banyaknya m Permutasi yang dapat diban dari semua huruf dalam kata MISSISSIPPI, jika kata-katanya berawal dengan sebuah huruf I. A: Sekarang ada 10 sisa tempat untuk mengisi dimana 3 adalah I, 4 S, dan 2 P. Sehingga m 10/342 12600 Q: Tentukan banyaknya m Permutasi yang dapat dibentuk dari semua huruf dalam kata MISSISSIPPI, jika kata-katanya berawal dan berakhir dengan sebuah huruf SA: Sekarang ada 9 sisa tempat untuk mengisi Dimana 4 adalah I, 2 S, dan 2 P. Sehingga m 9/422 7560 Contoh PERMUTASI dgn Pengulangan 4: Q: Tentukan banyaknya m Permutasi yang dapat dibatu dari semua huruf dalam kata MISSISSIPPI, jika dua huruf P-nya berdampingan satu sama lain . A: Ada 10 cara utk menempatkan dua P-nya, hurta pertama dan huruf kedua, atau huru kedua dan ketiga, 8230, atau huruf kesepuluh dan huruf kesebelas. Dalam setiap kasus, ada 9 sisa tempat untuk mengissi dimana 4 adalah I dan 4 adalá S, sehingga m 10 (9/44) 6300 Q: Tentukan banyaknya m Permutasi yang dapat diban dari semua huru dalam kata MISSISSIPPI, jika 4 huruf S-nya Berdampingan satu sama yg lain A: Anggap 4 huruf S-nya sebagai satu huru (1S), maka sekarang terdapat 8 huruf yg 4 adalah Eu dan 2 adalah P, shg m 8/42 840. Contoh PERMUTASI dgn Pengulangan 5: Q: Tentukan banyaknya m Permutasi yang dapat Dibentuk dari semuahuruf dalam kata ELEVEN. A: Ada 6 huruf yang 3 huru adalah E, sehingga m 6/3 120 P: Tentukan banyaknya m Permutasi yang dapat diban dari semua huruf dalam kata ELEVEN, jika kata-katanya berawal dengan huru L. A: Sekarang ada 5 sisa tempat untuk Mengisi dimana 3 huruf adalah E, sehingga m 5/3 20. Contoh PERMUTASI dgn Pengulangan 6: Q: Tentukan banyaknya m Permutasi yang dapat dibatu dari semua huruf dalam kata ELEVEN, jika kata-katanya berawal dan berakhir oleh huruf E. A: Sekarang Hanya ada 4 sisa tempat utk mengisi 4 huru yang berbeda m 4 24 Q: Tentukan banyaknya m Permutasi yang dapat dibutan dari semua hurlu dalam kata ELEVEN, jika kata-katanya berawal dengan huru E dan berakhir oleh huru N. A: Sekarang ada 4 sisa Tempat untuk mengisi dimana 2 huruf adalah E, sehingga m 4/2 12. Definis KOMBINASI: Diberikan sebuah himpunan n objek, sebuah kombinasi dari n objek diambil r secara berturut-turut adalah suatu pemilihan r objeck dimana urutannya tidak berpengaruh. KOMBINASI: Diberikan sebuah himpunan X 1, 8230, xn, yang mengandung, nsur (berbeda) a) Sebhu r-kombinasi dari X Dari sebuah, himpunan, dengan, n-unsur, yang berbeda dinotasikan dengan. Contoh Kombinasi 1: Q: S yang diambil 3 segar serentak, maka banyaknya kombinasi yg terjadi. A: C (4, 3) 4/3 (4-3) 4/3 4 Contoh Kombinasi 2: Berapa banyak cara menyeleksi panitia yang terdiri dari 2 wanita dan 3 pria dari sekelompok 5 wanita yang berbeda dan 6 pria yang berbeda nw 5 Rw 2 np 6 rp 3 Contoh KOMBINASI 3: Seorang petani membeli 3 ekor sapi, 2 ekor babi, dan 4 ekor ayam betina dari seseorang yang mempunyai enam ekor sapi, lima ekor babi, dan delapan ekor ayam betina. Berapa banyak pilihan yang dipunyai petani. A: 654548765/123121234 20 10 70 14000 cara Contoh KOMBINASI 4: Q: Suatu kelas terdiri dari tujuh orang laki-laki dan lima orang perempuan. Tentukan banyaknya m panitia yang terdiri dari lima orang dpt dipilih. A: Setiap panitia adalah sebuah kombinasi dari 12 orang diambil 5 sekaligus, shg mc (12,5) 5544 cara P: Suatu kelas terdiri dari tujuh orang laki-laki dan lima orang perempuan. Tentukan banyaknya m panitia yang terça-feira, 3 de janeiro de 2017. A: m 76554/12312 350 Contoh KOMBINASI 5: Q: Sebuah kantong memuat lima kelereng merah dan enam kelereng putih. Tentukan banyaknya m cara agar 4 dias por dia, diambil dari dalam kantong. (11,4) 111098/1234 330 cara P: Sebuah kantong memuat lima kelereng merah dan enam kelereng putih. Tentukan banyaknya m cara jika dua kelereng harus merah dan dua kelereng harus putih. A: m 5465/2121 150A. Latar Belakang Pada umumnya, belajar, matematika, identik, dengan, menghafalkan, rumus-rumus, tertanu, dengan, buku, panduan, yang, sangat, tebal e banyak. Itulah yang menyebabkan para pelajar merasa bosan untuk belajar matematika. Seringkali mereka bertanya, Apa sih manfaat belajar matematika dalam kehidupan sehari-hari Apa manfaat Aljabar Apa manfaat himpunan Apa manfaat trigonometri. Pertanyaan itu mereka lontarkan karena mera sudah kesal terhadap pelajaran mereka yang terasa membosankan dan tidak perlu. Tetapi sebenarnya, matematika sangat berfungsi dalam kehidupan sehari-hari, baik yang paling mudah sampai yang tersulit sekalipun. Matematika sebagai media untuk melatih berpikir kritis, inovativo, kreatif, mandiri dan mampu menyelesaikan masala sedangkan bahasa sebagai mídia menyampaikan idéia-ide dan gagasan serta yang ada dalam pikiran manusia. Jelas sekali bahwa Matematika sangrar berperan dalam kehidupan sehari-hari, kita tidak dapat menghindar dari Matematika, sekalipun kita mengambil jurusan ilmu sosial tetap saja ada pelajaran Matematika di dalamnya karena mau tidak mau matematika digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Salah satunya penerapan himpunan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam matematika, hepunan adalah segala koleksi, benda-benda, teranti, yang, diaggap, sebagai, satu, kesatuan. Walaupun hal ini merupakan ide yang sederhana, tidak salah jika himpunan merupakan salah satu konsep penting dan mendasar dalam matematika moderno, dan karenanya, estudiar mengenai himpunan sangatlah berguna. Himpunan biasa digunakan dalam matematika dan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupan sehari-hari kita jumpai pengeriano tersebut seperti dalam Himpunã Mahasiswa Jurusan S1 Manajemen STIE Satya Dharma Singaraja, kumpan koran bekas, koleksi perangko, kelompok belajar, gugus depan dalam pramuka dan kata sejenis lainnya. Kata-kata himpunan, kumpulan, koleksi, kelompok daam kehidupan sehari-hari memiliki arti yang sama. Himpunan merupakan salah satu dasar dari matematika. Konsep dalam matematika dapat dikembalikan pada konsp himpunan, misalnya garis adalah himpunan titik. Sebetulnya pengertiano himpunan mudah dipahami dan dapat diterima secara intuitivo. Mengingat demikian pentingnya teori himpunan, maka dalam kesempatan ini akan dijabarkan beberapa konsep mengenai teori himpunan. B. Rumusan Masalah 1) Bagaimana definisi himpunan. 2) Bagaimana cara penulisan himpunan 3) Bagaimanakah keanggotaan himpunan itu 4) Ada berapa macam himpunan itu 5) Apa manfaat himpunan dalam kehidupan sehari-hari Untuk mengetahui tentag himpunan, syarat agar dapat disebut sebagai himpunan dan ketentuan-ketentuan lainnya dari himpunan. C. Keanggotaan Himpunan (Menurut Buku Ensiklopedia Matematika) Himpunan selalu dinyatakan dengan huru besar, seperti A, B, C, dan seterusnya. Untuk menyatakan anggota suatu himpunano digunakan lambang 8220 8221 (baca: anggota) sedangkan untuk menyatakan bukan anggota suatu himpunano digunakan lambing8221 8221 (baca: bukan anggota). Um menyatakan bahwa himpunan Um anggota-anggotanya adalah a, b, dan c. Bukan keanggotaan suatu himpunan A. Ditulis: d A. Banyaknya anggota himpunan 183 Banyaknya unsur dari suatu himpunan disebut bilangan cardinal dari himpunan tersebut 9474A9474dibaca 8220banyaknya anggota himpunan A, kardinal (A). Tentukan kardinalitas dari himpunan berikut. B) (AB) c A c B c G. Manfaat Belajar Himpão Dalam Kehidupan Sehari-Sehari Dengan mempelajari himpunan, diharapkan kemampuan logika akan semakin terasah dan akan memaka kita agar kita mampu berpikir secara logis, karena dalam hidup, logika memaniki peran penting karena Logika berkaitan dengan akal pikir. Banyak kegunaan logika antara lain: 1) Membantu setiap orang yang mempelajari logika untuk berpikir secar rasional, kritis, lurus, tetap, tertib, metodis dan koheren. 2) Meningkatkan kemampuan berpikir secara abstrak, cermat, dan objektif. 3) Menambah kecerdasan dan meningkatkan kemampuan berpikir secara tajam dan mandiri. 4) Memaksa dan mendorong orang untuk berçário sendiri dengan menggunakan asas-asas sistematis. 5) Meningkatkan cinta akan kebenaran dan menghindari kesalahan-kesalahan berpikir, kekeliruan serta kesesatan. 6) Mampu melakukan analisis terhadap suatu kejadian. H. Contoh Penerapan Soal Himpunão Dalam Kehidupan Sehari-Hari Berikut em merupakan beberapa contoh kasus teori himpuanan dalam kehiupan sehari-hari. 1. Dalam sebuah kelas terdapat 40 orang siswa, 24 orang gemar música 30 orang gemar olah raga dan 16 orang gemar keduanya. Tentukan banyaknya siswa, yang, gemar, musik, sajang, yang, gem, olahraga, saja 2. Dari survey 100 orangas, 60 orangas gemas, 50 orangas gemas menulis, 45 orangas gemas melukis, 40 orangas gemadas melancólicas, 35 orangas gemadas membaca melukis, 30 orangas Gemar ketiganya. Tentukan. A) Orang yang gemi melukis dan menulis saja b) Orang yang membaca dan melukis saja c) Orang yang gemar membaca saja) Orang yang gemar menulis saja e) Orang yang gemi melukis saja) Orang yang tidak suka ketiganya 1. Perhatikan dalam Soal, tersebut, terdapat, dua, himpunan, siswa, yaitu, siswa, yang, gemar, musik, dan, siswa, yang, gemar, olahraga. Siswa yang gemar keduanya sebanyak 16 orang. Dalam konsep himpunan, anggota, yang, gemar, keduanya, merupan, anggota, irisan, sehingga, dari, dicari, siswa, yang, gemar, musik, sajão, siswa, yang, gemar, olahraga, saja. Perhatikan gambar berikut. Karena irisan siswa yang gemar keduanya sebanyak 16 orang seingga siswa yang hanya gemar Musik dan olah raga saja yaitu. Musik 24 8211 16 8 Olahraga 30 8211 16 14 Dengan demikian himpunan semestanya. S 8 14 16 40 siswa. 2. Dari soal nomor 2, terdapat tiga himpunan yang berbeda yantu yang gemar membaca, menulis dan melukis. Untuk menyelesaikan soal tersebut, terlebih dahulu kita cari irisan ketiganya. Sehingga dapat disimpulkan. Misal. B Membaca, N Menulis, L Melukis a) orang yang gemi melukis dan menulis saj a: 40 8211 30 10 orang b) Orang yang gemar membaca dan menulis saj a: 35 8211 30 5 orang c) Orang gemar membaca saja. 60 8211 30 8211 5 25 orangas d) Orang yang gemar menulis saj a: 50 8211 30 8211 10 10 orangas e) Orang yang gemar melukis saja. 45 8211 45 0. aka orang yang gemar melukis saja merupakan himpunan kosong f) Orang yang tidak suka ketiganya. 100 8211 25 8211 30 8211 5 8211 10 8211 10 20 orang Ada beberapa hal yang bisa disimpulkan dalam pembuatan makalah ini, diantaranya yaitu: 1. Himpunan adalah kumpulan benda atau objek-objek atau lambang-lambang yang mempunyai arti yang dapat didefinisikan dengan jelas mana Yang merupakan anggota himpunão dan mana bukan anggota himpunan. 2. Dengan mempelajari Himpunan, diharapkan kemampuan logika akan semakin terasah dan mema kita agar kita mampu berpikir secara logis. Palavras-chave para esta foro seta-hari. Baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, dalam berbagai disiplin ilmu yang lainya. Oleh karena itu penulis menyarankan agar kita lebih seius dalam mempelajari matematika dan jangan dijadikan matematika sebagai sesuatu yang menyeramkan untuk dipelajari karena matematika adalah bagian sangat dekat yang tak terpisahkan dari kehidupan kita. KabarIndonesia ROHANI Bencana Alam Sensitivitas Sosial Kita Oleh. Supadiyanto S. sos. i. M. i.kom. 17-Apr-2007, 06:57:02 WIB KabarIndonesia - Ketakpekaan masyarakat dalam memandang não pode ser visto como um arquivo. Seiring itu-realitas kemiskinan, kebodohan dan problemático ssial lain sudah begitu melekat di sekitar kita. Namun naluri keilahian yang secara fitrah terbersit dalam hati setiap insan, serasa sudah tumpul. Imbasnya, sensitivitas sosial seseorang minimal berempati kala, melihat penderitaan pihak lain, menjadi sangat rendah. Banyak, kasus, yang, membuktikan, penipisan, bahkan, indikasi, kemusnahan, naluri, keilahian, dalam diri, seseorang. Adanya pejabat negara yang hidrom berfoya-foya di banhak banyak pihak mengalami musibah, contoh satu paling dilematis dari semua itu. Belum cukup dengan bukti nyata itu. Mungkin, maraknya para pejabat mulai dari tingkat pusat hingga daerá, terpicu akibat penipisan naluri keilahian mereka. Maka, upaya, pembenahan, moralitas, public, termasuk, membenahi, dan, memupuk, kembali, naluri, keilahian, para, pejabat, negara, bukanlah, pekerjaan, mudah, bagi, kita, semua. Guna mewujudkan moralitas kolektif yang lekat dengan nalur keilahian dibutuhkan kinerja ganda. Dengan lain kata, peru perubahan mendasar pada diri setiap insan baik secara interno maupun eksternal. Terkhusus mentalitas korupsi, yang, hampir, menyelimuti, pada, hati, setiap, insan, bisa saja, quotdikalahkanquot, dengan, menegaskan, naluri, keilahian, pada, setiap, pribadi, manusia. Budaya bangsa Indonésia yang sarat dengan kultur gotong-royong, idealnya mampu mengajarkan kearifan lokal yang mengilahi itu. Sebab, tanad, disadari, nilai-nilai, spiritualitas, tela, melekat, pada, kultur, budaya, nenek, moyang, sejak, dahulu, kala. Keandalan budaya negeri ini-semenjak zaman purba, atau katakanlah semasa kerajaan Majapahit menjadi kekuatan pemersatu kedaulatan Nusantara, memiliki daya magis dalam penempaan alam espiritual. Ini bisa terceira dari beragam peninggalan sejarah berupa piranti keagamaan baku berupa candi, artefak dan naskah kuno. Budaya lokal yang mereligius semácono itulah yang tak dimiliki oleh kultur bangsa lain. Khusus berbicara masala keunggulan budaya Jawa, pereira kaisimbangan dalam berolah rasa, olah jiwa dan olah pikir. Tripartit olah rasa-jiwa-pikir itu, menjiwai seluruh rangkaian lelaku bagi wong Jawa tulen. Impacto langsungnya, karifan jiwa dan kerendahan hati seseorang terselubung dalam segala keputusan intelektualnya. Hingga, jarang, pemimpin, yang, berperangai, kejawaan, berberat, onar. Jelas, alam espiritual, bakal, menumbuhkan, sensitivitas, sosial, yang, tinggi, pada, setiap, orang. Kelakuan para pejabat negara saat ini-kerap melakukan penyelewengan seperti korupsi, jelas jauh menyalahi nalur keilahian-yang sarat muatan spiritualitas. Mustahil, jika naluri, keilahian, diejawantahkan, dalam, perilaku, kehidupan, terjadi, kejanggalan, seperti, timbul, korupsi. Naluri keilahian dan rasa sensitivitatsi sutului itulah yang kuasa mencegah seseorang melakukan perbuatan tercela itu. Kontras buddha budga Barat yang memiliki keunggulan dalam bidang kecanggihan Iptek, tapi miskin akan nilai spiritualitas itu. Bangsa Barat lebih, banyak, mengandalkan, kepintaran, dengan, berolah, pikir. Sedikit membrodayakan kepekaan jiwa (olah jiwa). Hanya saja-olah rasa atau pemberdayaan fibrasi kepekaan rasa kebertuhanan, terabaikan sama sekali. Muatan nilai berolah rasa yang mendekati pada wilayah keilahiano itu tak terberdayakan dalam budaya Barat-yang menomorsatukan pada alam berfikir liberalistis nan sekuleristis. Lucunya, bila logika kaum kapitalis sudah mentok (sobrecarregar) dalam berfikir, klimaksnya menjustifikasi Tuhan tak adil. Kontras dengan kultur Jawa, kalaupun nalar tak bisa menjangkau, lisa bisa memakai pendekatan rasa yang mengilahi. Ajaran agama-yang secara umum-mengajarkan pada tiga dimensões kesatuan antara bekerja, berdoa dan ikhtiar klop dengan budaya Jawa yang penuh muatan kebatinan. Para raja yang pernah berkuasa di tanah Jawa seperti Paku Buwono (PB) Eu dan penerusnya, Hamengku Buwono (HB) Eu hingga penggantinya serta masih banyak lagi, lebih banyak mengandalkan kesensitivitasan rasa dan jiwa untuk mengasah kebrilianan logika mereka. Metodo yang dipergunakan untuk mendekatkan diri dengan Tuhan. Naas, metode itu tak banyak dimiliki dan dikembangkan oleh para pejabat saat ini. Timbulnya budaya, korupsi-yang, terlanjur, menggerogoti, birokrasi, negeri, berpenghuni, 210, juta, jiwa, in, tak, lakibat, tergerusnya, niluri, keilahian-yang, mensejati. Budaya Jawa telah hilang rohnya sebagai dampak benturão budaya sekuleristis nan menghedonistis. Clique aqui para ver a imagem original no Commons Esta imagem provém do Wikimedia Commons, um acervo de conteúdo livre da Wikimedia Foundation que pode ser utilizado por outros projetos. Kita kerap prihatin mencapé berita di media massa yang mencatut sejumlah tokoh penting di tanah Aterragem do ar e do cabo KKN. Miris juga, melihat aksi nakal petinggi di Depag turut serta dalam quotmengutilquot uang negara. Penumbuhan naluri keilahiano bisa saja ditempuh dengan lelaku prihatina, hingga selalu dekat dengan quotmata indera Tuhanquot. Imbas positifnya, orang yang memiliki, sensitivitas, sosial tinggi, tak, tega mengamati perilaku para koruptor. Banyaknya para pejabat yang mengejar pada kemegahan duniawi-atau orang Jawa mengistilahkan sebagai quotjenangquot, sembari mengorbankan nama baiknya quotjenengquot dengan berkorupsi, merupakan bentuk kesalahan terbesar para pembesar negeri ini. Padahal sejatinya, posisi quotjenengquot que quotjenangquot hanya terpisahkan oleh moralitas keluhuran hati. QuotJenangquot alias harta dan kedudukan itu akan teraih sendirinya bila quotjenengquot alias citra dan nama baik bisa terjaga kredibilitasnya. Pejabat negara yang gemar berkorupsi, terang telah mengorbankan quotjenengquot demi demiguk quotjenangquot. Pastilah, hal itu, bertentangan, dengan, naluri, keilahian, kita. Pemupukan naluri keilahian semacam inilah yang menjadi kunci pokok bagi pembenahan moralitas publik. ) Supadiyanto, Peneliti muda pada Intan do centro de pesquisa cultural (ICRC) amp Mahasiswa S1 Jurdik Matematika FMIPA UNY serta Fakultas Dakwah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

No comments:

Post a Comment